Skip to main content

Mobil Tenaga Surya , Mobil Masa Depan -Essay



Saat ini, kita tinggal di kota Metropolitan dimana segala sesuatunya serba maju. Coba saja anda keluar rumah di pagi hari dan melihat kondisi lingkungan sekitar. Hal pertama yang akan anda lihat adalah rutinitas manusia seperti pergi ke sekolah,kantor, pabrik,dsb. Sebagian besar dari mereka menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Penggunaan kendaraan yang semakin meningkat menyebabkan kebutuhan Bahan Bakar Minyak yang semakin meningkat pula. Kebutuhan yang meningkat terhadap Bahan Bakar Minyak pada kenyataanya bertabrakan dengan kebutuhan manusia untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi. 
Seperti yang kita ketahui, dulu negara Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan minyak bumi. Namun, kenyataan berbanding terbalik ketika saat ini Indonesia disebut sebagai negara pengimpor minyak bumi. Setiap tahunnya, kita mengimpor minyak mentah sekitar 700.000 barrel per harinya untuk memenuhi kebutuhan minyak mentah sekitat 1,4 juta barrel. Perlu diketahui, jumlah minyak bumi di dunia hanya akan bertahan hingga 12 tahun kedepan. Jika hal ini tidak ditanggulangi, maka diperkirakan pada tahun 2019 negara Indonesia akan mengalami krisis energi.
Penemuan energi baru khususnya di Indonesia ternyata belum dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin berkembang setiap tahunnya,  membuat manusia semakin berinovasi dan kreatif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi banyak orang.  Salah satunya dengan memanfaatkan energi cahaya matahari. Pemanfaatan energi cahaya matahari (photon) dapat diterapkan  dengan membuat Solar Cell. Solar Cell merupakan sebuah perangkat yang dapat mengubah photon (cahaya matahari) menjadi listrik. Solar Cell dengan efisiensi tinggi dapat kita jumpai di berbagai peralatan seperti kalkulator, jam, radio, dsb.  Solar Cell terbuat dari silikon dengan proses rumit, lalu dipotong menjadi lembaran Solar Cell yang disebut wafer. Lembaran-lembaran Solar Cell itulah yang nantinya digabungkan menjadi sebuah panel surya. 
Selain ramah lingkungan, Solar Cell  tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim seperti pada kasus penggunaan bahan bakar fosil,  dikarenakan Solar Cell tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbon dioksida. Nyatanya, pemanfaataan Sel Surya (Energi Photon Matahari) sebesar 25 kW dalam 25 tahun telah memberi dampak positif, diantaranya : Mengurangi 900 ton gas Karbon Dioksida di bumi, manusia dapat menanam 3000 pohon serta manusia dapat mengendarai mobil sejauh 1,2 juta mil. Yang menakjubkan, energi matahari dapat menghasilkan energi sebesar 174 PW ( 174 x 1015). Sungguh disayangkan jika energi sebesar ini terbuang percuma setiap harinya.
Kini, banyak perusahaan asing berlomba-lomba dalam memproduksi mobil ramah lingkungan dengan menggunakan berbagai prospek energi yang ada di dunia, seperti mobil listrik, mobil baterai, dan mobil tenaga surya. Salah satu perusahaan mobil yang memanfaatkan  tenaga surya adalah perusahaan mobil AS Ford Motors. Mereka meluncurkan mobil yang dinamakan ‘C-MAX Solar Energi Concept’ yang mana mobil tersebut berjalan tanpa bergantung pada listrik atau bahan bakar. Ford, si produsen mobil mengatakan bahwa mobil tersebut dapat memanfaatkan tenaga surya dengan menggunakan konsentrator khusus yang bertindak seperti kaca pembesar dan mengarahkan sinar matahari ke panel-panel surya pada atap mobil.
Tidak menutup kemungkinan jika kita juga mampu berkreatifitas dengan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan, salah satunya dengan merancang sebuah mobil prototype. Untuk menciptakan suatu produk mobil dalam skala besar, kita memerlukan rancangan mobil dalam skala kecil. Dalam hal ini, kita dapat memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari barang bekas untuk dijadikan suatu produk yang memiliki  nilai jual dan nilai seni. Mengapa saya memilih mobil prototype sebagai produk? Berdasarkan mobil tenaga surya itu sendiri, manfaat yang diperoleh diantaranya:
1.   Dengan adanya ide untuk menciptakan suatu produk yang bermanfaat untuk alam, kita akan terpacu untuk menciptakan produk sungguhan dalam skala sebenarnya di masa yang akan datang. 
2.      Produk yang ramah lingkungan diharapkan dapat mengurangi polusi dan karbon dioksida di bumi.
Berdasarkan produk akan saya rancang, manfaat yang diperoleh diantaranya:
              -  Kita dapat mendaur ulang barang-barang bekas (Botol Plastik, Dinamo,Roda Tamiya,dsb) yang bagi orang lain tidak berguna menjadi suatu produk yang berdaya jual tinggi.
  - Selain menjadi desaign produk, mobil prototype  dapat dijadikan sebagai mainan anak. Dengan munculnya ide pembuatan mobil prototype bertenaga surya, diharapkan menjadi produk mainan yang mampu mendidik, mengajarkan dan mengasah daya pikir. Sehingga kreatifitas dan intelejensia kita dapat di optimalkan sejak dini.
Kendala dalam memproduksi suatu produk adalah biaya yang mahal, khususnya dalam pembuatan Solar Cell itu sendiri. Namun, jika didukung dalam produksi Solar Cell dalam jumlah banyak maka produksi Solar Cell dapat dilakukan dengan harga yang murah.
Maka dari itu, saya berharap dengan memproduksi mobil bertenaga surya, dapat memberikan dampak positif, antara lain: Melindungi lapisan ozon di bumi, mengurangi polusi dan karbon dioksida di bumi, serta dijadikan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Semoga para pembaca  menyadari akan pentingnya pemanfaatan energi yang baru yang dapat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia dan Dunia. Mari dukung upaya penemuan dan pemasaran energi baru untuk energi masa depan! :) 


Comments

Popular posts from this blog

Aku tak membenci Hujan.

Hujan mengingatkanku akan sebuah kenangan. Karena saat hujan turun,  ia senantiasa memberikan kenangan baru dalam memoriku. Kenangan antara aku dan seseorang yang kucintai. Terkadang hujan datang tak kenal waktu, Namun ia mengerti dan paham kapan waktunya mereda. Bahkan, Seringkali hujan sengaja menjebak kita di tempat yang sama. dan dengan pertanyaan yang sama, "Kapan hujan ini reda?" Dan aku selalu menikmati kehadirannya. Bagiku, hujan memiliki kekuatan tersendiri, untuk menghadirkan kebahagiaan di setiap insan manusia. Kau tahu mengapa aku tak membenci hujan? Sebab selalu ada senyuman yang kulihat setelah hujan reda. Senyumanmu,  gelak tawamu,  bahkan candaan yang senantiasa menghibur hati. Kau tahu mengapa aku tak menbenci hujan? Sebab selalu ada genggaman hangat di jemariku dan seolah ikut berkata,"Tenanglah, Aku ada disini." Kau tahu mengapa aku tak membenci hujan? Karena hujan pandai menyamarkan kesedihan di wajahku. Ia tak pernah t

Lukisan Hujan - Sitta Karina

Resensi Novel   Judul Novel                  :  Lukisan Hujan   Pengarang                  :  Sitta Karina   Penerbit                      :   Terrant Books Tahun                         : 2004   Genre                        :   Novel Remaja(Romance) Tebal buku                  :   386 halaman  ISBN                        :  979-3750-00-6 ·          Sinopsis Novel      Novel “Lukisan Hujan” mengangkat cerita tentang kehidupan Diaz Hanafiah – cowok keturunan Hanafiah Group yang kaya raya dan terkenal, bagian dari  sosialita Jakarta. Orang tuanya merupakan pemilik “Hanafiah Group”, namun Diaz merupakan cowok yang bersikap dingin dan cuek. Karena kesederhanaan yang ditunjukan, dia sering diolok-olok karena tidak se- elite dan se- glamour sepupu-sepupunya.     Dimulai dari kedatangan tetangga baru seorang cewek bernama Sisy yang menggemparkan teman-temannya di komplek Bintaro Lakeside. Diaz yang awalnya penasaran akhirnya malah berkenalan di suatu

De Buron - Maria Jaclyn

PROLOG "Kalau kamu menyayangi seseorang, kamu enggak harus bersama dia untuk menjadi bahagia.Walaupun kalian berpisah,kamu pasti akan bahagia kalau melihatnya bahagia. Kurasa caramu menjadi bahagia salah, karena kulihat sekarang kamu cuma menyakiti dirimu sendiri," kata Ditya lagi.  Judul: De Buron Penulis: Maria Jaclyn Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit: 2005 Jumlah Halaman: 248 Halaman Kategori: Novel ISBN: 979-22-1396-1 Ukuran: 20 cm x 13,5 cm Harga: Rp 26.500,00     Pernah nggak sih kalian ngerasain betapa takutnya didatangi oleh  "Buronan" ? Cemas, Takut, Khawatir pasti menghinggapi perasaan kalian. Perasaan yang serupa timbul pada diri Kimly, cewe baik dan supel, ketika sosok pria bernama Raditya datang ke kehidupannya, hingga akhirnya Ia menyadari akan suatu hal pada sosok Ditya. Novel “De Buron” merupakan salah satu novel romance berbakat karangan Maria Jaclyn,penulis novel berbakat tahun 2005. Novel ini mengangkat